Pentingnya Branding Untuk Sekolah - kafadsign
News Update
Loading...

10 Desember 2021

Pentingnya Branding Untuk Sekolah

Dunia digital saat ini semakin berkembang pesat, seluruh aspek kehidupan manusia berkaitan erat dengan dunia digital. Dengan perkembangan tersebut, perubahan-perubahan dalam aspek kehidupa diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan dan perkembangan zaman.

Menyesuaikan dengan perkembangan dunia digital akan dapat membuat kita bisa tetap bertahan serta membuat segala hal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Nah, penyesuaian tersebutlah yang juga harus dilakukan oleh lembaga pendidikan.

Perkembangan dunia digital yang semakin membuat kehidupan mudah ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan baik formal maupun non formal untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran lebih mudah, membantu guru dalam menggunakan media belajar, banyaknya sumber belajar, dan lain sebagainya.
Pentingnya Branding Untuk Sekolah
Pentingnya Branding Untuk Sekolah
Tidak hanya sebatas itu, buku pembelajaran yang dulu hanya tersedia dalam bentuk kertas, kini dapat diakses secara online, dibaca dimana saja dan kapan saja.

Pembelajaran yang dulunya hanya bisa dilakukan secara tatap muka, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang, pembelajaran dapat dilaksanakan secara daring ataupun luring.

Oleh karena itu, segala sesuatu tidak terbatas oleh tempat dan waktu, semuanya dapat terhubung dengan cepat dan mudah, segalanya ada digenggaman.

Oleh karena itu, teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak terpisahkan, manusia dapat mengakses informasi yang ia butuhkan melalui internet. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk proses pembelajaran, branding dan promosi sekolah.

Promosi sekolah saat ini dapat dilakukan dengan media digital, jika beberapa tahun lalu, promosi sekolah ketika pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) harus mencetak spanduk, banner, brosur yang dipasang dan disebarkan dijalan-jalan.

Kini semua itu bisa digantikan oleh internet, memperkenalkan visi misi dan keunggulan sekolah dapat dilakukan melalui media sosial facebook, Instagram, Tiktok, website, dan lain sebagainya.

Nah, sebelum kita membahas pentingnya branding bagi sekolah, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu branding.

Apa itu Branding?


Brand berbeda dengan logo ataupun nama produk, brand adalah sebuah identitas dari sekolah. Reputasi sekolah yang harus dijaga dan dibangun oleh setiap komponen dari organisasi, diantaranya kepala sekolah, guru, yayasan, komite sekolah, orang tua siswa dan civitas akademika.

Sedangkan branding merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menanamkan brand/identitas sekolah kepada masyarakat luas yang bertujuan untuk memberikan inside mengenai sekolah.

Dari definisi branding tersebut, dapat disimpulkan bawah branding merupakan usaha sekolah untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat dengan tujuan agar orang tahu tentang keberdaan suatu sekolah dengan visi-misi, keunggulan, dan fasilitas-fasilitasnya.


Apa saja Komponen Branding?


Untuk melakukan branding lembaga terdapat komponen-komponen yang mendukung proses branding lemabaga dapat berjalan dan mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan. Branding terdiri atas 3 komponen, diantaranya:

  • Positioning; menempatkan segmen sekolah dimata konsumen yakni siswa, calon siswa, dan para orang tua siswa maupaun calon wali siswa baru.
  • Value (nilai); menjelaskan mengenai tujuan dari sekolah dan harapan sekolah yang tergambarkan melalui visi-misi yang telah dibuat.
  • Identitas; menjelaskan identitas sekolah atau brand yang dibuat untuk sekolah (brand creation)

Nah, Brand Creation ini terdiri atas 3 turunan penting yang harus diperhatikan oleh lembaga pendidikan, apa saja 3 komponen penting tersebut, simak ulasannya berikut ini:

Keywords (Kata Kunci)


slogan\ atau tagline yang berpotensi untuk membentuk sebuah brand. Contohnya menyebut siswa dengan panggilan teman-teman, bahasan yang digunakan,dalam setiap pengumuman atau promosi selalu sama.

Key Sound


Mars/Jingle, Mars dalam branding berfungsi untu menanamkan nilai-nilai dibawah alam sadar masyarakat mengenai sekolah dan mudah dipahami oleh konsumen sekolah. Mars/Jingle merupakan penggambaran tentang sekolah melalui lagu/musik.

Key Visual


Desain, warna, tulisan dan hal lainnya yang menarik penglihatan bagi masyarakat. Beberapa contoh key visual yang butuh kehati-hatian dalam,pemilihannya, antara lain:

  • Logo: Logo memiliki makna tertentu yang menggambarkan harapan dan cita-cita yang sudah dituangkan melalui visi-misi sekolah
  • Warna: Pemilihan warna menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan karena sangat berpengaruh terhadap pemikiran, tingkah laku civitas akademik sekolah. Misalnya warna biru: (fokus), warna hijau (hangat), warna kuning (positif), warna jingga (energik). Oleh karena itu, konsistensi dalam penggunaan warna menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam branding.
  • Typografi: Konsisten dalam pemilihan jenis huruf dan angka adalah kunci branding. Typography bisa menjadi identitas sebuah sekolah atau ciri khas dari sekolah.
  • Foto: Pemilihan foto atau gambar sebagai media promosi sebaiknya mengikuti kaidah fotografi. Kuncinya dalam foto yang digunakan sebagai branding harus bermakna, dan dapat mewakilkan reputasi sekolah. misalnya foto yang mampu bercerita, perspektif, negative-space, seimbang dan fokus.

Nah, 3 komponen tersebut menjadi unsur penting dalam proses branding sekolah, komponen-komponen tersebut menjadi bahan untuk disampaikan kepada masyarakat.

Branding menjadi sangat penting untuk dilakukan sekolah sebagai upaya membangun brand serta memperkenalkan visi-misi sekolah melalui media internet.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Seputar Pendidikan, Branding, SEO, Desain Grafis, dan Blogger
Done