Google Analytics dapat digunakan untuk melakukan optimasi keyword/kata kunci karena google analytics (GA) menyediakan alat analisis dasar bagi para blogger untuk melakukan optimasi mesin telusur (SEO).
Google Analytics merupakan salah satu tool dari sekian banyak tool analisis website yang dapat digunakan secara gratis.
Secara sederhana, google analytics adalah alat yang dapat kita pakai untuk menganalisis performa konten (artikel) yang telah dibuat dan mengetahui lalu lintas website tersebut baik berupa traffic, peringkat konten, keyword (kueri/kata kunci), dan lain sebagainya.
Dengan fungsi tersebut, google analytics menjadi salah satu alat webmaster untuk melakukan analisis keyword dan melakukan optimasi keyword dari konten.
Cara Penggunaan Google Analytics untuk Optimasi Keyword/Kata Kunci |
Penggunaan Google Analytics sebagai alat analisis keyword dalam sebuah konten mencakup 4 (empat) aspek, yaitu Jumlah klik, Jumlah Tayangan, CTR (Rasio Klik Tayang), dan Peringkat Konten (posisi).
Baca Juga: Pengertian & Perbedaan SEO on-page dan SEO on-page
Dengan hasil analisis 4 aspek tersebut kita dapat melakukan perbaikan-perbaikan konten yang telah kita buat serta mengoptimalisasikan konten agar terjadi peningkatan pada jumlah klik, tayangan, CTR, dan posisi konten.
Dengan hasil analisis 4 aspek tersebut kita dapat melakukan perbaikan-perbaikan konten yang telah kita buat serta mengoptimalisasikan konten agar terjadi peningkatan pada jumlah klik, tayangan, CTR, dan posisi konten.
Lalu bagaimana cara menggunakan Google Analytics untuk melihat performa konten (artikel)? mari simak langkah-langkahnya berikut ini.
Tujuan optimalisasi keyword pada konten menggunakan Google Analytics (GA) adalah untuk meningkatkan jumlah klik konten yang pada akhirnya juga akan meningkatkan penghasilan atau penjualan sebuah produk.
Cara Penggunaan Google Analytics untuk melihat Performa Konten
Tujuan optimalisasi keyword pada konten menggunakan Google Analytics (GA) adalah untuk meningkatkan jumlah klik konten yang pada akhirnya juga akan meningkatkan penghasilan atau penjualan sebuah produk.
Baca Juga: 7 Langkah Membuat Artikel SEO-Friendly di Blogspot
Nah, untuk menggunakan Google Analytics sebagai alat analisis performa konten, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
Nah, untuk menggunakan Google Analytics sebagai alat analisis performa konten, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
- Login ke Google Analytics
- Kemudian klik Menu Akuisisi > Search Console > Kueri
- Selanjutnya, lihat dan lakukan analisis konten dengan Jumlah klik dan tanyangan tidak seimbang, artinya jumlah prosentase klik sangat sedikit tetapi memiliki jumlah tanyangan yang besar. Silahkan gambar berikut:
Data Performa Konten dari Google Analytics |
Data diatas (warna merah) menunjukkan bagaimana ketika seseorang mengetikkan keyword (kata kunci) "localhost 1203" pada google penelusuran, artikel saya muncul pada posisi ke 5,1 pencarian google (nomor 8), dengan jumlah tanyangan 4.032 (nomor 6), tapi jumlah orang yang meng-klik artikel saya hanya 53 (nomor 5).
Dengan data ini maka saya harus melakukan optimasi keyword (kata kunci) pada artikel dengan kata kunci "Localhost 1203" dengan tujuan untuk memperbesar jumlah klik (nomor 5) dan jumlah CTR (nomor 7).
Lalu kenapa artikel (konten) tersebut harus dioptimasi pada keyword/kata kunci tersebut? karena terjadi ketidakseimbangan atau bahkan bisa dikatakan dari 4.023 tanyangan yang muncul di hasil pencarian google hanya ada 53 tanyangan yang akhirnya melakukan klik dan membuka artikel di website saya.
Itulah mengapa artikel tersebut sangat perlu untuk dilakukan optimasi konten dengan tahapan-tahapan dan cara yang sudah saya jelaskan diatas.
Sekian artikel tentang Cara Penggunaan Google Analytics untuk Optimasi Keyword/Kata Kunci, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.