Penggunaan Instagram untuk promosi sekolah atau sebagai media branding sekolah sudah sangat umum dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia.
Media sosial Instagram memiliki fungsi yang sama dengan media sosial lainnya yakni sebagai media berinteraksi, memberikan informasi, memperkenalkan sebuah produk/brand serta hal-hal lainnya.
Baca Juga: Pentingnya Branding untuk Sekolah/Madrasah
Dalam konteks penggunaan Instagram sebagai media branding sekolah, tentunya Instagram memiliki fungsi untuk memperkenalkan segala hal terkait sekolah, seperti visi-misi, kegiatan sekolah, keunggulan sekolah, sarana-prasarana sekolah, dan hal-hal lain yang menjadi keunggulan sekolah/madrasah.
Untuk mengelola sebuah akun Instagram sebagai media promosi diperlukan kemampuan-kemampuan khusus untuk mengelola dan mengembangkan akun Instagram suatu instansi tertentu.
Kemampuan yang harus dimiliki untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi (branding) sekolah – dan mungkin untuk tujuannya lainnya – adalah sebagai berikut
Kemampuan diatas merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki admin Instagram untuk kebutuhan dan tujuan tertentu seperti branding sekolah.
Setelah 2 (dua) kemampuan diatas dimiliki, berikut adalah 6 Tips menggunakan Instagram sebagai media promosi sekolah.
Berikut adalah 6 Tips menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah yang wajib kamu simak dan terapkan untuk mengoptimalkan penggunaan instagram sebagai media branding dan memperkenalkan keunggulan sekolah.
Akun Instagram bisnis memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan akun personal. Sebagaimana tipe-nya, akun Instagram bisnis ini memang diperuntukkan untuk keperluan bisnis, sehingga memiliki fitur yang mendukung bagi orang atau institusi.
Fitur-fitur dalam instagram bisnis antara lain insight yang dapat kita gunakan untuk melakukan analisis performa akun instagram maupun postingan (konten), terdapat fitur instagram ads sehingga kita dapat mempromosikan sekolah dengan pendanaan yang bisa kita sesuaikan.
Konsistensi adalah kunci, membrandind sebuah brand melalui instagram membutuhkan konsistensi dan kesabaran, brand yang dibangun melalui sebuah konsistensi dan tertarget akan menjadikan brand menjadi kuat.
Dalam konteks penggunaan Instagram sebagai media branding sekolah, tentunya Instagram memiliki fungsi untuk memperkenalkan segala hal terkait sekolah, seperti visi-misi, kegiatan sekolah, keunggulan sekolah, sarana-prasarana sekolah, dan hal-hal lain yang menjadi keunggulan sekolah/madrasah.
Untuk mengelola sebuah akun Instagram sebagai media promosi diperlukan kemampuan-kemampuan khusus untuk mengelola dan mengembangkan akun Instagram suatu instansi tertentu.
Kemampuan yang harus dimiliki untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi (branding) sekolah – dan mungkin untuk tujuannya lainnya – adalah sebagai berikut
- Mampu membuat deskripsi konten (caption) yang menarik
- Mampu menggunakan aplikasi desain grafis misalnya Coreldraw, photoshop, Adobe Illustrator atau yang lainnya untuk membuat konten.
- Pengetahuan yang cukup terkait Instagram dan fitur-fiturnya.
Kemampuan diatas merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki admin Instagram untuk kebutuhan dan tujuan tertentu seperti branding sekolah.
Setelah 2 (dua) kemampuan diatas dimiliki, berikut adalah 6 Tips menggunakan Instagram sebagai media promosi sekolah.
6 Tips menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah |
6 Tips menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah
1. Gunakan Akun Instagram Bisnis
Akun Instagram bisnis memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan akun personal. Sebagaimana tipe-nya, akun Instagram bisnis ini memang diperuntukkan untuk keperluan bisnis, sehingga memiliki fitur yang mendukung bagi orang atau institusi.
Fitur-fitur dalam instagram bisnis antara lain insight yang dapat kita gunakan untuk melakukan analisis performa akun instagram maupun postingan (konten), terdapat fitur instagram ads sehingga kita dapat mempromosikan sekolah dengan pendanaan yang bisa kita sesuaikan.
2. Konsisten Membuat Konten
Konsistensi adalah kunci, membrandind sebuah brand melalui instagram membutuhkan konsistensi dan kesabaran, brand yang dibangun melalui sebuah konsistensi dan tertarget akan menjadikan brand menjadi kuat.
Untuk itu, membeli follower sangat tidak disarankan untuk membangun sebuah brand sekolah. Karena target utama branding sekolah bukan untuk memperbanyak follower, tapi bagaimana informasi terkait sekolah dapat sampai dan dipahami oleh user, sehingga nantinya memberikan impact peserta didik baru atau sebuah brand yang kuat.
Waktu upload sangat berpengaruh terhadap interaksi dan jangkauan postingan instagram. Terdapat beberapa waktu ideal untuk kita mengupload sebuah konten kedalam instagram. Dan kita perlu memperhatikan waktu upload tersebut untuk memaksimalkan jangkaun dan interaksi konten yang kita buat.
3. Optimasi Penggunaan Tagar dan Profil Instagram
Optimasi penggunaan tagar/hastag ini agar konten yang kita posting di instagram dapat ditemukan melalui fitur pencarian melalui tagar (#).
Selain itu, dalam mencantumkan sebuah tagar/hastag, gunakan tagar/hastag yang populer. Hastag/Tagar populer adalah yang telah dipakai oleh minimal 1000 postingan. Semakin populer tagar/hastag yang kita pakai, maka akan semakin bagus untuk mengdongkrak konten kita.
Banyak alasan seseorang memfollow sebuah akun instagram, misalnya desain yang menarik, informatif, simpel, dan lain sebagainya.
Untuk memahami kebutuhan tersebut diperlukan sebuah analisis performa konten yang kita upload dengan fitur insight. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam memilih informasi yang layak dijadikan konten Instagram dan tidak.
Selain itu, dalam mencantumkan sebuah tagar/hastag, gunakan tagar/hastag yang populer. Hastag/Tagar populer adalah yang telah dipakai oleh minimal 1000 postingan. Semakin populer tagar/hastag yang kita pakai, maka akan semakin bagus untuk mengdongkrak konten kita.
4. Pahami Kebutuhan Follower
Banyak alasan seseorang memfollow sebuah akun instagram, misalnya desain yang menarik, informatif, simpel, dan lain sebagainya.
Untuk memahami kebutuhan tersebut diperlukan sebuah analisis performa konten yang kita upload dengan fitur insight. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam memilih informasi yang layak dijadikan konten Instagram dan tidak.
Untuk memahami kebutuhan follower, kita harus menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan "Konten apa yang menjagkau lebih banyak pengunjung?", "Konten yang seperti apa yang mendapatkan jumlah suka paling banyak?".
5. Perhatikan Waktu Upload
Waktu upload sangat berpengaruh terhadap interaksi dan jangkauan postingan instagram. Terdapat beberapa waktu ideal untuk kita mengupload sebuah konten kedalam instagram. Dan kita perlu memperhatikan waktu upload tersebut untuk memaksimalkan jangkaun dan interaksi konten yang kita buat.
Adapun waktu ideal untuk upload konten di Instagram adalah pada jam 11.00 - 13.00 WIB dan jam 19.00-20.00 WIB, sebagaimana beberapa sumber diinternet yang admin temui.
Namun dari pengalaman yang admin lakukan pada kaun Instagram @kamimadrasah biasanya konten yang memiliki interkasi paling banyak adalah yang diuploud pada rentang waktu 06.00 s/d 07.00 WIB dan 18.00 s/d 20.00 WIB.
Jadi pastikan kita mengupload pada jam tersebut untuk memaksimalkan jangkauan dan interkasi konten kita yang kita buat di instagram.
6. Promosikan Postingan (optional)
Sebagaimana pengalaman penulis, bahwa untuk menjangkau pemirsa di Instagram, tidak sepenuhnya mengandalkan promosi berbayar melalui Instagram. Namun untuk beberapa tujuan tertentu, promosi instagram ini juga sangat diperlukan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah untuk target rekrutmen calon siswa baru maka akan lebih baik menggunakan fasilitas instagram ads ini, sehingga dapat menjangkau pengguna secara tertarget.
Dengan promosi tertarget ini, kita dapat menentukan demografi dan rentang usia. Misalnya kita menginginkan promosi sekolah kita untuk suatu daerah tertentu pada rentang usia tertentu, kita dapat mengaturnya melalui fitur promosi berbayar ini.
Namun jika penggunaan Instagram untuk Promosi Sekolah dengan dana terbatas, maka kita sangat perlu menerapkan tips menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah pada poin 1 s/d 5 diatas.
Itulah tadi uraian tentang 6 Tips menggunakan Instagram untuk Promosi Sekolah, pada dasarnya dalam mengelola instagram dibutuhkan konsistensi, selalu informatif, dan menggunakan desain yang sederhana dan menarik tanpa menghilangkan esensi konten menjadi prinsip utama penggunaan media sosial instagram sebagai sarana promosi.